Didominasi Pariwisata, 5 Desa Ini Terkaya di Indonesia, PADes Capai Rp50 Miliar

Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri dari ratusan Kabupaten/ Kota dan puluhan ribu desa dan kelurahan.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia diketahui memiliki total 81.616 desa yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Namun sangat disayangkan dari puluhan ribu desa yang ada, hanya sedikit yang bisa memaksimalkan sumber daya alam, khususnya potensi pariwisata.

Padahal pemerintah pusat sudah menggelontorkan dana ratusan juta hingga miliaran ke pemerintahan desa guna meningkatkan perekonomian masyarakat.

Alih-alih memaksimal dana tersebut, tak jarang justru banyak kepala desa yang ditangkap oleh aparat penegak hukum lantaran korupsi dana desa.

Dari puluhan ribu desa di Indonesia, 5 desa di antaranya berhasil mengembangkan potensi wisata di daerah masing-masing. Bahkan menjadi desa terkaya di Indonesia 2023.

1. Desa Kutuh ( Provinsi Bali)

Desa terkaya di Indonesia saat ini dipegang oleh Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung Provinsi Bali.

Desa Kutuh menjadi terkaya di Indonesia karena mampu memanfaatkan sektor pariwisata. Mereka bisa menarik wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke desa tersebut.

Alih-alih membuat event di bekas lapangan bola, pemerintah Desa Kutuh jeli melihat peluang dengan memaksimalkan dana desa untuk mempercantik pariwisata di sana.

Wisata andalan Desa Kutuh di antaranya, Atraksi Khusus Linggis Paragliding, Pantai Pandawa, dan Gunung Payung Cultural Park.

Dengan pariwisata tersebut Desa Kutuh mampu meraih Pendapatan Asli Desa (PADes) mencapai Rp 50 Miliar per tahun. Waw, keren banget.

Kenyataannya potensi desa sangat dahsyat, Koq bisa yang hasilkan Miliaran Rupiah?

 

2. Desa Ponggok (Jawa Tengah)

Di posisi kedua desa terkaya ditempati oleh Desa Ponggok Kabupaten Klaten Provinsi Jawa Tengah. Desa Ponggok sendiri awalnya bukanlah desa yang sangat kaya.

Namun dengan terpilihnya Kepala Desa yang milenial dan visioner, desa tersebut dalam beberapa tahun terakhir terus mengalami lonjakan yang signifikan PADes-nya

Sejak kepemimpinan kepala desa yang selalu siap mendengarkan kritik tersebut, PADes Ponggok yang semula Rp 80 Juta per tahun dalam sekejap menyentuh angka Rp 14 miliar.

Dengan bekerjasama kebeberapa media, desa ini mampu menarik puluhan ribu wisatawan hanya dalam satu pekan. Umbul Ponggok merupakan wisata andalan di Desa Ponggok.

3. Desa Bendar (Jawa Tengah)

Di posisi ketiga desa terkaya di Indonesia ditempati oleh Desa Bandar Kabupaten Pati Provinsi Jawa Tengah. Tapi sumber kekayaan bukan dari pariwisata.

Desa Bandar menjadi salah satu desa terkaya lantaran mayoritas warganya yang bekerja sebagai nelayan.

Mereka memiliki penghasilan besar dari sektor perikanan, yaitu di kisaran Rp80 juta – Rp100 juta dalam satu bulannya

 

4. Desa Waturaka (Nusa Tenggara Timur)

Desa Waturaka menjadi desa terkaya keempat. Meskipun Nusa Tenggara Timur sempat salah satu Provinsi termiskin di Indonesia.

Namun nyatanya jika sebuah desa dipimpin oleh orang yang tepat dan mau mendengarkan masukan, desa yang awalnya biasa aja bisa menjadi terkenal seperti sekarang ini.

Desa Wataruka yang terletak di Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende. Pariwisata di desa tersebut terus mengalami perkembangan yang signifikan setiap tahunya.

Banyak turis mancanegara yang berkunjung ke sana lantaran masyarakatnya yang ramah dan wisatanya yang asik. Wisatawan diajak beraktivitas layaknya masyarakat setempat.

 

5. Desa Teluk Meranti (Riau)

Di posisi kelima desa terkaya di Indonesia ditempati oleh Teluk Meranti yang terletak di Provinsi Riau.

Desa Teluk Meranti menjadi kaya lantaran objek wisata berselancar di desa tersebut merupakan salah satu yang terbaik di Asia saat ini.

Banyak peselancar profesional dari luar negeri yang sering menghabiskan waktu di Ombak Bono (salah satu objek wisata di Desa Teluk Meranti).

Di Desa Teluk ini juga terdapat beberapa objek wisata serta kegiatan budaya lainnya yang juga menarik untuk diikuti yang membuat wisatawan betah berbulan-bulan tinggal di sana.

AYO GILIRAN DESA ANDA KAPAN?

Sumber BELITONGEKSPRES.CO.ID