Pengelolaan JDIH Sekretariat DPRD Kabupaten Batang Terbaik

Batang – Sekretariat DPRD Kabupaten Batang berhasil meraih penghargaan pengelolaan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) terbaik tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Tahun lalu, Sekretariat DPRD Batang juga menjadi terbaik tingkat Nasional atau Eka Acalapati dengan torehan skor 94. Prestasi yang di raih di tingkat Provinsi Jawa Tengah merupakan kompetisi pertama yang di gelar oleh Pemerintah Provinsi yang diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

“Ajang perdana Lomba JDIH tingkat Provinsi Jateng di gelar baru tahun ini. Alhamdulillah kita berhasil menjadi Juara I,” kata Sekertaris DPRD Batang Bambang Suryantoro saat ditemui di kantornya, Senin (21/8/2023).

Kalau untuk tingkat Nasional, Sekertariat DPRD  sudah 3 kali memperoleh penghargaan dan selalu menjadi yang terbaik. Itu berdasarkan penilaian kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM).

Prestasi ini tidak lepas dari 2 komponen besar, yakni sarana dan prasana perpustakaan dan pengelolaan produk hukum menggunakan sistem online melalui aplikasi berbasis laman.

“Keunggulan laman JDIH kita sangat mudah diakses oleh masyarakat luas seperti produk hukum maupun risalah-risalah keputusan DPRD,” jelasnya.

Tidak hanya itu, lanjut dia, tampilan JDIH DPRD Kabupaten Batang sudah memilah-milah produk hukum yang ada. Mulai dari tahun, hingga kategori keputusan DPRD dan produk hukum dari pusat dan daerah bisa diakses, sehingga terbilang cukup lengkap.

“Keberhasilan tersebut harus dipertahankan dengan melakukan inovasi dalam rangka memberikan layanan masyarakat yang lebih efektif efisien dan sederhana,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Batang Maulana Yusup mengapresiasi prestasi tersebut. Ia juga siap  mendukung penuh program JDIH Setwan. Karena menjadi bagian layanan yang terbuka dan mudah diakses masyarakat.

“Kami memberikan dukungan penuh ke Setwan. Kami berharap Setwan Batang bisa memodernisasi sarprasnya untuk lebih baik dan cepat diakses,” pungkasnya. (MC Batang, Jateng/Edo/Jumadi)