Peringatan Detik-Detik Proklamasi Berlangsung Khidmat

Pemerintah Kota Pekalongan beserta jajaran TNI, Polri, pelajar dan masyarakat menyelenggarakan Upacara Bendera memperingati Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 Tahun 2023 tingkat Kota Pekalongan yang berlangsung penuh khidmat di Lapangan Mataram Kota Pekalongan, Kamis (17/8/2023). Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup), Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid dan dihadiri oleh Ketua TP PKK, Hj Inggit Soraya, Kapolres Pekalongan Kota, AKBP A. Recky Robertho, Kasdim 0710/Pekalongan, Mayor Kavalerie Ahmad Thohir, Ketua DPRD, M Azmi Basyir, Wakil Walikota Pekalongan, H Salahudin, Kasdim 0710/Pekalongan, Kajari Anik Anifah, para Kepala OPD, Camat, Lurah hingga ASN, veteran dan pelajar di Kota Pekalongan. Tepat pada momentum Detik-Detik Kemerdekaan Republik Indonesia  sirine berbunyi pukul 10.17 hingga 10.20 WIB, dimana para peserta Upacara dan masyarakat menghentikan aktivitasnya sejenak sembari mengheningkan cita untuk mendoakan para pahlawan bangsa yang telah gugur merebut Kemerdekaan Indonesia.

Walikota Pekalongan yang akrab disapa Mas Aaf menyampaikan apresiasi atas semangat yang ditunjukkan para peserta Upacara Bendera maupun seluruh elemen masyarakat yang telah mengadakan berbagai kegiatan untuk merayakan Hari Ulanga Tahun (HUT) ke-78 RI Tahun 2023.

“Ada lomba-lomba, jalan sehat, upacara bendera. Hampir semua warga bergerak bersama menyemarakkan HUT ke-78 Tahun 2023 ini,” ucapnya.

Menurutnya, kegiatan menyemarakkan HUT ke-78 RI ini bisa menjadi semangat baru yang dibarengi dengan upaya pemulihan ekonomi, semangat kerja bakti dan gotong-royong di masyarakat yang harus semakin ditingkatkan. Pihaknya berharap, jika masyarakatnya sudah semakin guyub, maka berimbas positif pada semua hal-hal baik terkait kegiatan kemasyarakatan, seperti menggalakkan kegiatan Pos Kamling.

Lanjutnya, pihaknya juga bersyukur, selama ini kolaborasi dengan semua pihak, Forkopimda, legislatif, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), tokoh agama dan tokoh masyarakat di Kota Pekalongan berjalan dengan baik.

“Mudah-mudahan ini bisa dipertahankan dan ditingkatkan. Ini momentum yang tepat pasca Pandemi Covid-19 untuk bersama-sama lebih berbuat kebaikan, meningkatkan kegotong-royongan di tengah masyarakat Kota Pekalongan,”tandasnya.